Pages - Menu

Friday, December 7

Catcalling adalah Pelecehan ??

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh..

suuiiiiitttt...suuuiiitttt....hai cantiikkk...

pernah gak nemu kejadian di suit suiit pas lagi jalan? 
pernah gak lagi dijalan trus di panggil panggil kaya gitu? 
pernah gak lagi dijalan trus di godain bahkan secara frontal?
trus apa yang kalian lakuin?

Catcalling atau pelecehan seksual di jalanan ini kayanya dari dulu tuh emang udah ada sih, dan mungkin kalian yang baca tulisan ini juga pernah ngalamin hal ini. aku pernah? pernahhh banget. Gondok , kesel, marah bahkan mau nimpuk rasanya. Ada anggapan kaya gini "udahlah, kan cuma dipanggil panggil doank, kan gak disentuh juga, yah gak usah disebut pelecehan juga kali". Hellooo... apakah semua yang dinamakan PELECEHAN itu harus dibuktikan dengan sentuhan? apakah yang namanya pelecehan itu hanya di identikan dengan interaksi tubuh? BIG NO !!

Contoh kasus yang sering terjadi, Ada perempuan yang sedang berjalan trus di suiitt suiitin ditambah dengan tatapan "diliatin" dari ujung rambut sampe ujung kaki. Trus begitu si pelaku ditanya, dijawab dengan alasan "yah makanya kalo gak mau di godain, baju nya jangan terbuka" . Nah, trus kalau dengan alasan baju terbuka , trus kenapa jaman sekarang perempuan berhijab pun mengalami Catcalling?Miris yah.


Menurutku, Apapun, Bagaimanapun penampilan si perempuan, mau bajunya terbuka kaya jalur puncak kek, mau bajunya bening kaya plastik laundry kek, mau bajunya tertutup kaya bungkusan bacang kek. Catcalling bukanlah hal yang dibenarkan, karena hal ini merupakan pelecehan secara verbal and BIG NO for that.

Dan kasus catcalling terhadap perempuan ini makin marak jaman sekarang, mungkin para pelaku lupa kalau dirinya dilahirkan dari seorang perempuan, menikahi perempuan, memiliki keturunan perempuan..Dan bukan lagi karena alasan Bajunya terbuka, wajahnya cantik dll.. tapi karena mindset para pelaku yang memang "gak sopan" . 

dan buat kita para perempuan, kalau seandainya kita mengalami kejadian kaya begini, Please jangan diem ajah, ambil sikap dengan balik badan dan tegur, ingetin ke si pelaku kalau yang dilakukan adalah sebuah pelecehan, dan kalau memang si pelaku ngeyel, yah teriak ajah minta tolong atau lapor polisi sekalian, jangan takut, karena hukum nya ada kok.. Be Brave yah, jangan  lupa untuk selalu minta perlindungan Allah Swt.

Dan buat para lelaki ( mohon maaf yah kaum lelaki, karena memang pelakunya mostly lelaki *piss ) kalau kalian menyukai atau mengagumi perempuan yang kalian lihat, ada banyak cara yang baik kok tanpa harus melakukan catcalling. misalnya, ngajak kenalan baik baik, bicara baik baik dan kalau emang beneran suka yah temuin lah orang tuanya baik baik, siapa tau bisa jadi menantu yang baik ... nahhhh baik bukan cara ini hahahahaha... 

STOP CATCALLING terhadap perempuan, apapun baju dan bagaimanapun penampilannya, wanita tidak layak untuk mendapat perlakuan tersebut, tidak layak dilecehkan apalagi dijalanan. Disini, bukan penampilan wanitanya yang harus dirubah, tapi pikiran para pelaku yang harus dirubah.

semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia :)

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

andinarivani 


No comments:

Post a Comment